15.1.09

Windows selalu restart tidak selalu karena virus

  • Pin It!

Jika system operasi windows tidak dirawat, sangat rentan akan kerusakan, baik akibat virus atau kesalahan pengguna sendiri. Jika sudah terjadi computer selalu restart saat dinyalakan, pasti kelabakan. Apalagi bagi pengguna awam, yang pertama kali disalahkan umumnya karena virus. Padahal, computer dengan system operasi windows, selalu restart otomatis itu bukan semata karena virus. Lalu, apa dong yang menyebabkan semua itu kalau bukan virus? Sebenarnya, secara default, windows memiliki fungsi untuk mematikan otomatis bila ada kerusakan system, baik oleh virus maupun ulah penggunanya. Jadi, jangan dulu salahkan virus bila computer selalu restart.
Jika kebetulan computer Anda sedang mengalami hal ini, coba matikan dulu fungsi restart otomatis dengan cara berikut ini.
Klik kanan My Computer lalu pilih Properties.



Klik tab Advance. Pada grup Startup and Recovery, klik Setting.



Hilangkan ceklis Automatically restart pada grup System failure lalu klik OK.



Coba sekarang restart computer. Kalau masih tetap restart atau restartnya sebelum masuk windows, mungkin memang benar-benar sudah rusak. Coba lakukan cara ini pada kondisi safemode.
Tip ini hanya salah satu cara. Jika cara ini tidak bisa, lakukan cara lain sebelum memutuskan untuk format ulang.

2 komentar:

wongmultimedia

Trik yang sangat menarik. selama ini saya biasanya saya langsung format (karena saya duga ada virus), tetapi dengan trik ini cukup beberapa klik dan langsung OK.
Thank's Mas Darma

Anonim

wah tengkyu sekali tip nya..
salam

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.