6.1.09

Menggunakan template berbeda pada setiap halaman web

  • Pin It!

Jika Anda memiliki banyak template yang bagus, mungkin akan lebih menarik bila ditampilkan pada situs Anda ketika pindah halaman, tampilannya pun berbeda. Hal ini dimaksudkan supaya pengunjung situs tidak bosan dengan tampilan web kita yang sama pada setiap halaman. Namun, perlu diperhatikan juga keharmonisan dan keserasian isi situs. Jika tidak, akan terasa aneh dan tidak nyaman dilihat.

Untuk menggunakan template berbeda pada setiap halaman, ikuti langkah berikut.

  • Login ke halaman administrator.

clip_image002

  • Klik menu Site > Template Manager > Site Templates.

clip_image004

  • Pilih template yang akan digunakan di halaman yang berbeda lalu klik Assign.

clip_image006

  • Pilih halaman mana saja (Ctrl+Click) yang akan menggunakan template tersebut, lalu klik Save.

clip_image008

Untuk melihat hasilnya, buka halaman utama situs, lalu klik salah satu menu. Jika berhasil, tampilan halaman tersebut akan berbeda dengan tampilan utama.

Cara ini juga bisa diterapkan pada Joomla! 1.5.


Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.

4 komentar:

Anonim

saya sudah beli bukunya mas.........

JoomLa...hehehe

Anonim

waduh...mo belajar jomla belum sempet-sempet nih...padahal keknya seru yah...

Anonim

kok saia tertarik joomla ya...^_^

oiya..mas pian, trik2 buat joomla tolong diperbanyak dong (saia baru blajar joomla) n udah beli bukunya mas pian ^_^ tp saia masih bingung mau diapain lagi web saia.
alhasil saia sudah nyoba trik2 yg mas post n itu membuat saia senangggg hehehe.....bgzlisme@gmail.com

Geasera

Siip tutornya gan Keetulan saya punya postingan serupa, ijin backlinknya Condisi Tag | Tampilan Template Berbeda Tiap Halaman

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.