19.11.08

Menginstal template joomla di windows vista

  • Pin It!

Saat mencoba menginstal Joomla! di Windows Vista, ternyata ada beberapa masalah. Terutama saat menginstal template, component, dan modul dengan ekstensi .tar.gz. Mungkin, karena secara default, Windows Vista tidak disertakan software untuk kompresi.
Setelah aku coba instal software compresi (winrar atau winzip), ternyata masalah itu bisa teratasi. Bagi yang ingin mencoba Joomla di Windows Vista, sebaiknya menginstal software kompresi untuk proses instalasi template, component, dan modul.
Setelah diinstal, coba lagi instal template. Caranya:
Klik Installer > Template – Site.



Klik Browse.



Pilih template yang akan diinstal.



Klik Upload File & Install.



Instalasi sukses. Klik Continue.



Untuk mengaktifkannya, klik Site > Template Manager > Site Templates.



Pilih template yang tadi diinstal lalu klik Default.



Untuk melihat hasilnya, klik Site > Preview > In New Window.



Hasilnya seperti gambar berikut.



Bagi yang belum punya winrar, silakan download softwarenya di sini.

Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.


0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.