15.7.10

Mengetahui lebih cepat bila akun gmail dibajak

  • Pin It!

Kayaknya sekarang hampir setiap hari ada orang yang berusaha dengan gigih mereset akun Gmail. Entah dia berhasil atau tidak mengakses akun saya, tetapi setidaknya saya masih bisa mengakses akun dan mengubah passwordnya. Memang tidak terlalu penting karena email yang dipublikasikan hanya digunakan untuk contoh kasus menulis artikel. Lalu, kenapa saya bisa langsung tahu? Saya mengaktifkan menerima link reset password via email dan sms sehingga bila ada yang berusaha mereset akun, pemberitahuannya langsung saya terima via sms.

Bagaimana caranya supaya bisa seperti itu?

Login ke Gmail.

clip_image002

Klik Settings.

clip_image004

Klik Google Account settings pada tab Account and Imports.

clip_image006

Klik Change password recovery options.

clip_image008

Klik Add or remove email addresses.

clip_image010

Masukkan passwordnya lalu klik Save.

clip_image012

Error? Ternyata tidak boleh menggunakan akun Gmail. Masukkan kembali akun dari email lain. Misalnya, Yahoo! lalu klik Save.

clip_image014

Buka akun Yahoo! lalu klik link verifikasi reset akun.

clip_image016

Masukkan password Gmail lau klik Verify.

clip_image018

Alamat email sudah diverifikasi.

clip_image020

Jika Anda ingin mengaktifkan fitur sms, kembali ke klik Change password recovery options. Pada Country pilih Indonesia lalu masukkan nomor handphone. Mungkin tidak semua operator mendukung. Saya menggunakan telkomsel.

clip_image022

Setelah mengaktifkan fitur ini, bila ada orang yang berusaha mereset akun, akan langsung dikirim ke email (pasti) dan sms (kadang tidak menerima, terutama bila handphone dalam kondisi mati).

0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.