9.7.09

Migrasi dari Joomla! 1.0 ke Joomla! 1.5

  • Pin It!

Kayaknya Joomla! makin sering diupgrade. Joomla! 1.5.11 hanya bertahan sebentar dan diupgrade lagi menjadi Joomla! 1.5.12. Berhubung cara menginstal sudah dibahas, begitu juga cara mengupgrade dari versi sebelumnya, sekarang saya coba migrasi dari Joomla! 1.0.

Sebelum melakukan migrasi, pertimbangkan hal berikut:

  • Template, komponen, mambot, dan modul tidak bisa dipindahkan. Silakan cari template, komponen, modul, plugin yang sejenis untuk versi Joomla! 1.5.
  • Yang dimigrasi hanya database. Meskipun datanya ada (yang berkaitan dengan template, komponen, modul, dan mambot), kemungkinan tidak akan tampil di halaman muka website karena tidak compatible.

Jadi, buat apa dimigrasi? Kalau datanya sedikit tentu saja sia-sia. Sebab, fungsinya sama dengan install sample data yang diambil dari Joomla! 1.0. Namun, kalau artikelnya ribuan, bisa jadi sangat bermanfaat daripada memasukan ulang artikel tersebut. Dalam hal keamanan tentu saja versi yang terbaru lebih aman. Meskipun tidak 100% aman.

Berhubung artikelnya lumayan panjang, saya buat dalam bentuk pdf. Silakan download di sini bila Anda berminat.

0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.