16.3.09

Bisnis di internet: Kita tidak akan pernah percaya, kalau tidak pernah mencoba!

  • Pin It!

Ga mau rugi, ga mau tertipu, ga ada waktu, atau bahkan malas, mungkin selalu menghambat ketika akan berbisnis di internet (online). Kalau melihat dan membaca iklan di berbagai situs maupun blog, hampir semua sangat menggiurkan. Tak jarang, iklan-iklan seperti sangat menjengkelkan.

Secara logika memang benar. Meskipun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Bisnis di internet tidak jauh berbeda dengan bisnis di dunia nyata. Butuh kerja keras, modal, promosi, dan lain-lain supaya produk yang kita jual bisa laku.

Kalau tidak percaya dengan system affiliasi, coba aja bikin model bisnis sendiri. Sebagai contoh, jualan sepatu di blog http://chexosfutsal.blogspot.com/. Saya yakin bisnis ini bisa jalan karena saya sebagai konsumen yang membeli salah satu produk dari blog ini. Pelayanannya sangat memuaskan, dikirimnya cepat, kalau ukurannya tidak pas bisa ditukar, dan tentu saja suka ngasih bonus bila kita berlangganan. Kalau pemilik blog ini yang menawarkan kepada Anda, pasti Anda pun tidak akan langsung percaya.

clip_image002

Saya pun pernah menulis di blog ini tentang pendapatan iklan. Meskipun sangat sedikit, tentu saja itu merupakan salah satu bukti bahwa model bisnis seperti itu memang dapat dipercaya. Kalau dijalani lebih serius dan dipromosikan lebih gencar, pasti pendapatannya lebih banyak.

Ada juga yang membuat model bisnis kursus online. Selain menambah penghasilan, di sini kita juga bisa sekalian belajar memperdalam ilmu website. Di sini pun saya belum terlalu serius menjalankannya, tetapi penghasilannya tidak bisa diremehkan. Tidak dijalankan dengan serius pun, sudah bisa membayar kontrakan sebulan. Apalagi, kalau dijalankan dengan serius, mungkin bisa membeli rumah.:)

Tidak harus mahir internet untuk bisa sukses bisnis di dunia maya. Kalau semua orang percaya akan keuntungan besar yang akan diraihnya, saya yakin tidak akan ada lagi mengumpulkan banyak orang, bikin spanduk, lalu teriak-teriak minta dibukakan lapangan pekerjaan. Kalau kita kreatif, apapun bisa menghasilkan uang. Memang, tak sedikit yang mengorbankan bisnisnya yang sedang maju dengan berwiraswasta, meninggalkan usahanya hanya karena ingin berseragam PNS. Namun, saya banyak juga melihat yang memilih pensiun dini karena bisnis di internet jauh lebih menguntungkan.

Keputusan akhir, tentu saja ada di hati dan pikiran masing-masing. Di mana pun tempatnya, perlu kerja keras untuk meraih kesuksesan.

Sukses di dunia nyata, tidak akan kita dapatkan bila kita hanya diam saja. Sukses di dunia maya, tidak akan kita dapatkan bila kita tidak pernah percaya. Dan, selamanya kita tidak akan pernah percaya, kalau kita tidak pernah mencoba.

Mudah-mudahan, ini sebagai jawaban dari sekian banyak pertanyaan yang masuk ke email saya tentang bisnis di internet. Saya bukan pakar internet marketing. Hanya sharing pengalaman saja, baik sebagai konsumen maupun pelaku “yang belum” sukses.

2 komentar:

peha

yang Paling berat, dalam bisnis ini adalah menjaga kepercayaan, apalagi jualan di web blog gratisan. sering banyak anggapan kita ga profesional, makasih kang atas review nya.

arief wijaya

yup being a blogger susah2 gampang tergantung bagaimana qt mengambil sikap n sama dengan bisnis offline bila tidak serius maka bisnis online pun bablas hehe but keep forward n the importan think never give up keep ur spirit cuy

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.