24.7.13

Robot blogger sakti

  • Pin It!

Fitur ini sudah lama ada tapi saya baru memanfaatkannya minggu lalu. Dulu, kalau kita buat blog - di blogger/blogspot salah satunya – mengeluh lama sekali terindex Google. Padahal, masih satu produk. Kalau sama WordPress yang cenderung lebih cepat terindex.

Minggu lalu saya mencoba fitur ini. Biar tahu seberapa cepat, saya ubah judul blog. Jadi, sama-sama baru dibuat. Saya tidak tahu persisnya kapan sudah terindex, tetapi hari ini saya coba iseng ngetik kata kunci “membuat website itu mudah”, ternyata sudah ada di halaman pertama, dengan empat buah link ada di situ. Padahal, saat belum mengaturnya, tidak ada sama sekali.
Kabar fenomenal buat blogger pemula, saya rasa. Tidak perlu pusing lagi mikirin SEO, sudah disediakan. Tidak perlu pengaturan ribet, cukup copy paste dan pilih opsi. Banyak yang sudah menyarankan, saya juga mencoba saran orang lain tapi lupa sumbernya. 
Kalau belum mencoba, bisa mengikuti cara berikut ini.
Klik Settings > Search Preferences.
Klik Edit pada Custom robots.txt lalu pilih Yes.

Masukkan kode di bawah ini. Tinggal ubah urlnya (merah), dengan url blog Anda.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://www.webtamasta.com/feeds/posts/default?orderby=updated
Sitemap: http://www.webtamasta.com/sitemap.xml

Artinya kode di atas apa? Bagi pemula seperti saya, apalah arti sebuah kode? 
Namun, kalau mau tahu, silakan saja dicari di Google. 
Klik Save changes.
Selesai? Belum. Masih ada satu lagi. Klik Edit pada Custom robots header tags. Bingung mau milih apa? Ceklis saja seperti gambar di bawah ini. Penjelasannya, silakan cari di Google. J
Klik Save changes.

Kalau rajin, silakan cek tiap hari, supaya tahu kapan persisnya sudah tampil di Google. Kebetulan, saya ingetnya sudah seminggu. Ketika ngetik kata kunci “membuat website itu mudah”, sudah nongol di halaman depan.

Sakti, ya? Tidak perlu repot lagi nanya di forum, pusing dengan kode, bosan nunggu, dan lain-lain. Cuma modal copy – paste, ubah dikit, tunggu sampai nongol.
Semudah itu? Untuk terindex di Google, tentu saja YA. Namun, yang punya blog jutaan orang, tentu kita harus bersaing dengan mereka supaya tampil lebih baik. Pada akhirnya, kualitas konten yang harus diperbaiki.

0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.