18.12.08

Membuat video tutorial online

  • Pin It!

Saat ini, sudah banyak buku tentang computer yang dilengkapi dengan video tutorial. Bahkan, di beberapa blog juga ada yang menyediakan. Mungkin, banyak yang ingin bisa membuat video seperti itu, tetapi terkendala dengan tidak adanya software dan cara menggunakannya.

Kini, masalah tersebut bisa teratasi. Semua orang bisa dengan hanya bermodalkan bisa browsing di internet. Lebih praktis, tidak perlu download dan install software. Bahkan, tidak perlu upload karena sudah otomatis akan disimpan di websitenya dan sudah dilengkapi link beserta embed. Dengan demikian, bisa kita pasang di blog kita. Situs ini masih dalam versi beta. Berdasarkan informasi dari situs tersebut, nantinya bisa diexport ke computer maupun youtube. Menarik, bukan? Sebelum fasilitas itu ada, dicoba saja. Kalau fasilitas export sudah ada, kita tinggal saja ke youtube atau disimpan di computer.

Jika Anda berminat, silakan klik di sini. Lalu, klik Start Recording.

 

Masukkan email Anda lalu klik Request.

Jika sudah mendapatkan email dari situs tersebut, masukkan kode yang diberikan ke kotak register lalu klik tombol Register.

Jika kodenya benar, akan keluar formulir registrasi. Isi form sesuai identitas Anda. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung menggunakannya. Akan keluar tatacara merekam. Jika ingin merekam seluruh layar, tekan Alt + S. namun, bila ingin area tertentu saja, tekan Alt + Shift + S. Untuk menghentikan rekaman, tekan lagi Alt + S.

Setelah selesai, video akan ditampilkan. Untuk menyimpannya, isi kotak yang ada di sebelah kanan video lalu klik Publish.

Tunggu proses penyimpanan video.

Video sudah jadi. Di sebelah kanannya, ada kode link dan embed yang bisa Anda tempelkan di blog.

Misalnya, seperti ini.

 

Ga perlu keahlian khusus, kan? Siapapun bisa melakukannya.

1 komentar:

Anonim

Haturnuhun pisan kang Darma, ku Infona
Saya mau belajar terus ke kang Darma
salam kenel Kang Master Darma

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.