7.8.08

Menghapus jejak setelah menggunakan komputer

  • Pin It!

Anda pasti pernah mengalami ketika mengetik kata di kotak pencarian Google ada kata yang keluar. Kalau masih baru menggunakan computer atau bermain internet, pasti bingung bagaimana cara menghilangkannya.



Setelah menggunakan computer, pasti kita meninggalkan jejak. Kalau jejaknya tidak terlalu penting, pasti aman-aman saja. Sangat berbahaya bila jejak yang ditinggalkan adalah hal-hal yang sangat pribadi. Orang lain bisa membuka dan melakukan apapun dengan informasi yang kita tinggalkan.
Memang, secara manual bisa diatasi. Namun, tentu saja akan memakan waktu yang agak lama. Untuk menghemat waktu, tentu saja perlu sebuah aplikasi untuk membersihkan semua jejak yang kita tinggalkan setelah menggunakan computer.
Salah satu aplikasi yang bisa digunakan secara gratis adalah PrivacyMaster. Aplikasi ini mampu membersihkan jejak saat kita menggunakan windows maupun browser (internet explorer atau firefox).
Cara menggunakannya:
Buka PrivacyMaster yang telah diinstal.



Jika ingin menghapus semua jejak yang ditinggalkan ketika menggunakan browser Firefox atau Internet Explorer, klik Select All.



Jika ingin menghapus jejak ketika menggunakan Windows, klik tab Windows lalu klik Select All.



Klik tab Erase. Di sana ada daftar jejak yang akan dihapus. Jika ingin menghapus semua jejak, klik Erase.



Mudah bukan? Kita tidak perlu secara manual menghapus semua jejak aktivitas yang kita lakukan. Jika ada orang lain menggunakan computer setelah kita, dia tidak akan tahu apa saja yang kita lakukan.
Jika ingin mencoba aplikasi ini, silakan download di sini.

2 komentar:

ebleh 182, Indonesia blogger

Good info pak.. Salam kenal.. Dan aku yang pertama.. Download ah.. Itung-itung buat koleksi softwareku. :)

Anonim

hasilnya "MANTAB" dulu pernah cari-cari tentang ini tapi "NIHIL", ternyata disini dijelasin. tanks nambah ilmu & wawasan,,
Aku mohon,,,,, bolehkah aku berguru dengan anda? aku sering baca artikel pak Darma di ilkom tapi malah kenal disini. Oya,, gimana tuh bikin (QS) yang bisa berubah-ubah, keren sekali

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.