13.1.09

Baru lagi: Joomla! 1.5.9

  • Pin It!

Luar biasa! Belum sempat mempelajari lebih dalam Joomla! 1.5.8, sekarang sudah diupgrade lagi menjadi Joomla! 1.5.9. Perombakan hampir di semua lini, meliputi: security, components, modules, plugins, templates, language, administrator, dan system. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi www.joomla.org.

clip_image002

Bagaimana ya tampilannya? Kita coba install saja.

Seperti biasa, salin foldernya ke htdocs, lalu ikuti langkah berikut ini.

  • Buka http://localhost/nama folder. Pada contoh kali ini, saya membuka http://localhost/myweb.

clip_image002

  • Klik Next.

clip_image004

  • Klik Next.

clip_image006

  • Klik Next.

clip_image008

  • Isi parameter berikut:

Host Name: localhost (kalau di LAN, masukkan IP Addres)

Username: root

Password: kosongkan (atau isi password yang Anda gunakan untuk mengakses database MySQL)

Database Name: masukkan nama database, misalnya: mywebdb

Klik Next.

clip_image010

  • Klik Next.

clip_image012

  • Klik Install Sample Data.

clip_image014

  • Isi parameter berikut:
  • Site Name: Judul situs Anda, misalnya: Situs Pribadi
  • Your E-mail: email Anda, misalnya: darma@sudarma.info
  • Admin Password: password untuk masuk halaman admin
  • Confirm Admin Password: masukkan password sekali lagi (harus sama)
  • Klik Next.

clip_image016

  • Hapus atau remane folder installation di folder myweb.

clip_image018

  • Klik Site untuk melihat halaman utama situs atau Admin untuk masuk halaman administrator.

clip_image020

  • Halaman utama situs Anda, seperti gambar berikut.

clip_image022

Dari tampak muka memang terlihat tidak ada perubahan. Perubahan terjadi terutama pada sisi keamanan. Sebab, menurut kabar yang saya terima, akhir desember 2008, banyak sekali situs dengan Joomla! 1.5.8 yang dijebol orang yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, apakah versi terbaru ini lebih aman? Dari segi teori tentu saja lebih aman dari versi sebelumnya. Namun, kejahatan terjadi karena ada kesempatan dan niat dari pelakunya. Waspadalah! Waspadahal!

Dalam dunia nyata pun, bangunan akan diperbaiki bila sudah rusak. Jika kita membeli rumah ke sebuah pengembang, tentu saja kita berhak untuk melapor kepada pihak pengembang untuk memperbaikinya. Begitu pun, dengan bangunan di dunia maya, seperti Joomla!. Jika bangunan situs kita sudah rusak, bisa langsung dilaporkan ke pengembang Joomla! untuk segera diperbaiki. Dengan demikian, kita bisa langsung segera memperbaiki kerusakan yang kita alami.


Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.


6 komentar:

Anonim

Waduh... perkembangan Joomla begitu pesatnya ya..

niartsdesign

met pagi, Kang.
sya dah coba install- lg XAMPP nya, Apache & Mysql udah running.. tp masih wae ga masuk mau install Joomla-nya. OS-nya pake XP SP2. saya makin binuuun... Tulung, Kaang !!! mudah2an kang Darma ga bosen sya mintain tulung.... makasihh

Anonim

Trima kasih bos...

Mau coba joomla 1.5.9 dulu nih...

Salam Sukses...

Anonim

kang, kemaren kita ketemu di BSM. mengenai halaman admin yang ga ditampilin, tolong dong caranya, hatur nuhun ....

Anonim

kang.. aq dah coba jalanin sesuai yg dibuku tapi begitu dah masuk ke About Me slalu aja error 404 g tau knapa.. padahal linkx dah terkoneksi

niartsdesign

met malam, kang. tos lami... tepang deui. 2 hari kmrn saya sdh berhasil hosting domain di rumahweb pake joomla 1.0x. tp setelah selesai upload file2 nya, blm bisa diakses jg. bisa tolong saya, kang. soalnya yg pny kantor nih. hatur nuhun pisan, sblmnya

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.