28.10.08

Text otomatis pada microsoft word

  • Pin It!

Anda pernah mengalami mengetik sebuah kata atau kalimat berulang-ulang? Jika ada sebuah frasa atau kalimat yang sering diulang, biasanya secara manual kita melakukan copy-paste atau bahkan mengetiknya kembali. Padahal, dalam Microsoft Word, ada sebuah fasilitas untuk mempermudah menulis ulang kata atau frasa atau kalimat. Kita cukup mengetik sebuah kata saja, selanjutnya Microsoft Word secara otomatis akan menulis ulang frasa atau kalimat yang telah kita buat sebelumnya. Misalnya, dalam artikel saya, sering mengetik www.sudarma.info. Saya cukup mengetik darma saja, lalu tekan F3, otomatis akan berubah menjadi www.sudarma.info.

Bagaimana caranya:

Ketik frasa yang akan sering diulang, lalu blok frasa tersebut.

clip_image002

Tekan [Alt] + [F3], lalu ubah frasa tersebut menjadi sebuah kata yang lebih sederhana, misalnya: darma. Pilih AutoText pada Gallery lalu klik OK.

clip_image004

Ketika di tengah-tengah paragraph Anda akan mengetik frasa tersebut kembali, cukup mengetik kata darma lalu tekan F3. Secara otomatis, kata darma akan berubah menjadi www.sudarma.info.

Mudah, bukan? Apakah kemampuannya hanya itu? Tentu saja tidak. Jika Anda sedang mengerjakan tugas yang di dalamnya berisi tabel yang sama diulang-ulang. Kalau copy-paste tentu akan merepotkan karena harus mencari dulu tabelnya baru copy-paste. Lakukan saja cara di atas dengan memblok tabelnya lalu tekan [Alt] + [F3], ketik pada Name nama tabelnya dan pada Gallery pilih Tables. Kapan pun tabel tersebut akan dimunculkan, cukup mengetik nama tabelnya lalu tekan F3. Secara otomatis, tabel tersebut akan muncul.

Hebat, kan? Sebuah software dibuat untuk mempermudah pekerjaan. Tentu saja, bila kita mengetahui semua fitur-fiturnya. Karena tanpa mengetahuinya, sebuah software akan membuat masalah kita bertambah.

2 komentar:

Umi Farida

Wow dapat ilmu baru lagi nih.... makasih pak darma.

Anonim

Ternyata infonya luar dan dalam luar biasa.
Salam Adil Sejahtera.

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.