18.7.12

Mengganti Nama Banyak File Serentak

  • Pin It!

Jika Anda ingin mengganti nama file dalam jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan, Anda dapat mengikuti trik berikut ini.

Untuk memudahkan dalam mengorganisasi file, pastikan jenis file sama. Karena trik ini bisa digunakan untuk jenis file yang berbeda. Misalkan, jika Anda ingin mengubah file .jpg, maka sorotlah semua file .jpg. Jika ada jenis file lain yang di sorot (misalkan .doc), maka akan diganti dengan nama yang sama.

Caranya sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer (Windows key + E). Cari file yang akan diganti (pada contoh kali ini, untuk mengganti file gambar).
  • Sorot file yang akan diganti. Gunakan kombinasi Ctrl + klik untuk memilih jenis file yang sama (misalkan, .jpg).

clip_image002

  • Tekan F2, ketik nama untuk file yang akan diganti (misalnya, Gambar). Tekan Enter, hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

clip_image004

0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.