20.5.11

Mengunci folder dengan software gratis

  • Pin It!

Punya folder rahasia? Kunci saja supaya tidak bisa sembarang diakses. Kali ini, saya mencoba aplikasi gratis pengunci folder. Namun, sayangnya, hanya diizinkan mengunci satu folder. Jika kita mengunci folder lain, folder yang dikunci sebelumnya akan terbuka. Jika ingin lebih, harus diupgrade ke versi Pro. Untuk itu, satukan semua file dan folder rahasia dalam satu folder.

Jika dibaca pada ketentuan lisensi, “Free edition is NOT licensed for commercial or government use except for a 30 day evaluation period. You can use the SOFTWARE as long as you wish provided that you use this software solely for personal and noncommercial use.”, berarti kita bisa menggunakan sampai kapan pun kita mau, selama untuk keperluan pribadi dan tidak dikomersilkan. Meskipun demikian, sebagai antisipasi, sebaiknya folder yang akan dikunci, di-backup terlebih dahulu. Hal ini juga untuk mengantisipasi sistem operasinya error yang mengharuskan Anda untuk melakukan format ulang, sehingga foldernya tidak sempat di-unlock.

Jika Anda ingin mencobanya, silakan download dan instal aplikasinya di sini. Saat menginstal, Anda diminta memasukkan password yang akan digunakan ketika mengunci atau membuka folder. Jadi, jangan sampai lupa passwordnya karena folder tidak akan bisa dibuka tanpa password yang benar.

clip_image002

Setelah diinstal, klik kanan folder yang akan dikunci, lalu klik Protect with My Lockbox.

clip_image004

Masukkan password lalu klik OK.

clip_image006

Klik OK.

clip_image008

Untuk membuka kunci, buka aplikasi My Lockbox di Start menu program.

clip_image010

Masukkan password lalu klik OK.

clip_image012

Folder akan langsung terbuka. Ikon My Lockbox akan muncul di notification bar. Klik dua kali bila ingin mengunci kembali folder.

clip_image014

Masukkan password lalu klik OK.

clip_image016

Klik Lock.

clip_image018

Folder akan langsung dikunci dan hilang (superhidden).

Sekali lagi, jangan lupa backup folder yang akan dikunci supaya tidak menyesal di kemudian hari.

0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.