14.5.10

Mengetahui lebih cepat saat akun facebook digunakan orang lain

  • Pin It!

Pernah mengalami akun facebook digunakan orang lain? Kini, kita bisa mengatahui dengan cepat apabila ada orang lain yang login menggunakan akun facebook kita. Baik melalui email maupun sms (jika Anda mengaktifkan fitur mobile). Jika mendapatkan pemberitahuan, segeralah ganti password sehingga akun facebook Anda menjadi lebih aman. Memang, tidak ada menjamin 100% aman. Setidaknya, ini bisa menjadi salah satu alternatif mencegah akun facebook digunakan orang lain.

Caranya sebagai berikut.

Klik Account > Account Settings.

clip_image002

Klik Change pada Account Security.

clip_image004

Pilih Yes lalu klik Submit.

clip_image006

Jika Anda mengaktifkan fitur mobile (SMS), pilih SMS (mobile text) lalu klik Submit.

clip_image008

Menurut keterangan, jika ada yang login menggunakan akun kita di tempat lain, facebook dengan segera mengirim pesan melalui email atau SMS.


Hati-hati ketika mengaktifkan fitur ini. Tadi (31/05/2010, pukul 14.00), saya menginstal aplikasi chatting di handphone. Ternyata tidak dikenali oleh facebook sehingga mengganggap akun saya telah digunakan orang lain. Ketika login di komputer, minta klarifikasi. Kita harus memasukkan kode security yang dia munculkan, lalu menyebutkan foto milik siapa yang dia tampilkan (kalau asal add temen, sangat merepotkan karena pasti ga kenal). Jika salah, harus nunggu sejam kemudian. Saya juga baru berhasil mengaktifkan kembali sekitar pukul 15.30, setelah berhasil mengenali semua foto yang ditampilkan. Fitur ini memang sangat membantu mengantisipasi hacking, tetapi sangat merepotkan kalau teman yang kita add, kebanyakan tidak kenal sebelumnya. Kalau kenal semua, aman-aman saja.:)

0 komentar:

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.