18.11.08

Jangankan orang awam, saya aja baru tau

  • Pin It!

clip_image002[1]Males mencari dan membaca ternyata bisa menjadi factor utama ketidaktahuan. Selama ini, kayaknya banyak yang menganggap saya ini sebagai master IT. Kalau saya pake nama alias sudarmaster, bukan berarti sudarma seorang master (IT). Nama itu pemberian Om Google. Dulu, saat Gmail baru diluncurkan, untuk mendapatkannya kita harus diundang oleh orang lain yang sudah mendaftar. Saat itu ada teman yang mengundang saya untuk memiliki account Gmail. Saat saya terima, Google ngasih beberapa alternative nama account, karena nama sudarma sudah ada yang punya. Salah satu nama yang ditawarkan, ada nama sudarmaster. Nama itulah yang saya pilih dan saya gunakan sebagai nama alias sampai saat ini.

Nama alias tersebut ternyata bisa memancing orang lain untuk bertanya hal-hal yang cukup rumit. Padahal, hal sepele saja, belum tentu saya tahu. Ketidaktahuan itu sebenarnya karena belum pernah mencoba atau males nyari. Dari dulu, kalau melihat sesuatu, kayaknya pengen bisa seperti itu. Kadang, suka kepikiran sampai susah tidur. Selalu berusaha mencari solusinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Udah merasa lelah berpikir, baru buka Google dan mengetik beberapa kata kunci. Ternyata, jawabannya sudah ada di situ, lengkap dengan cara mengatasinya.

Salah satunya adalah membuat link di status YM. Saya baru mau nyari barusan di Google. Ternyata, sangat mudah sekali.

Ketik nama yang akan ditampilkan lalu masukkan linknya (YM versi terbaru, sudah disediakan kotak untuk memasukkan link seperti gambar berikut ini.

clip_image002

Hasilnya seperti ini.

clip_image004

Ternyata benar, kalau mau pintar, harus rajin membaca. Kalau tidak, hal sepele saja bisa ga tau.

Dan jangan merasa gengsi untuk bertanya hal sepele. Kalau sulit menghilangkan rasa gengsi, tanya saja sama Om Google. Insya Allah, jawabannya ketemu.

3 komentar:

Anomali Bisu

Ya gpp, saya aja ga tau kalo ga anda kasih tau.. hehehhe

Zippy

Ntar dicoba deh...
But, YM yang baru ada di kompi, kompi lagi rusak VGA'x, wkekekekek...
Nah di laptop, YM yg lama, hhiiii...
Malas ngapdate'x... :D

HATURUA (Hobert Noya)

Bener juga tuh Om.. :)

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.