14.10.08

Jangan hanya jadikan google sebagai mesin pencari

  • Pin It!

Kayaknya, kalau kita terhubung ke internet, ga akan terlepas dari Google. Saat ini, kita sering menggunakan Google untuk mencari sebuah artikel dengan hanya mengetikkan sebuah kata atau kalimat. Padahal, kalau kita tahu cara yang efektif untuk mencari sesuatu, akan langsung menemukan apa yang kita cari.
Lalu, apa saja yang bisa dilakukan Google?

1. Google bisa digunakan sebagai kalkulator
Petunjuk penggunaan kalkulator, bisa dibaca di sini. Sebagai contoh, kita akan menghitung 81^0.5*pi.






2. Mencari konstanta
Bagi yang masih sekolah atau guru yang ingin lebih mendalami ilmunya, tentu saja ini sangat bermanfaat. Kita bisa mencari nilai sebuah konstanta di Google, misalnya: pi, e, h, G.



3. Mengonversi satuan
Pasti Anda sering mendengar satuan mil. Sebenarnya, 1 mil itu berapa meter? Pake Google saja. Dia mampu mengonversinya.



4. Mengonversi mata uang
Selain mengonversi satuan, Google juga mampu mengonversi mata uang, misalnya dari dollar ke rupiah. Namun, pada fitur ini, Anda harus tahu kode mata uang suatu negara.



5. Mencari definisi
Anda punya tugas untuk mencari definisi kata/istilah asing? Google pun mampu mencarikan definisi kata yang Anda cari.



6. Mencari tipe file tertentu
Ini kayaknya yang paling penting. Terutama bagi yang suka mencari sebuah artikel. Kita bisa langsung mencari sebuah artikel dengan format file yang kita inginkan, misalnya: pdf atau word, sehingga kita tidak perlu lagi copy > paste pada halaman web.
Format pencariannya “kata filetype:extensi file”, misalnya: “computer filetype:pdf”. Google akan langsung mencari semua artikel yang mengandung kata computer dengan format file pdf.



Berikut ini file type yang bisa Anda cari:
• Adobe Portable Document Format (pdf)
• Adobe PostScript (ps)
• Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
• Lotus WordPro (lwp)
• MacWrite (mw)
• Microsoft Excel (xls)
• Microsoft PowerPoint (ppt)
• Microsoft Word (doc)
• Microsoft Works (wks, wps, wdb)
• Microsoft Write (wri)
• Rich Text Format (rtf)
• Shockwave Flash (swf)
• Text (ans, txt)

7. Mencari kelompok kata
Goole juga bisa mencari kelompok kata. Jika Anda punya tugas bahasa Indonesia atau bahasa inggris untuk mencari kata-kata yang sejenis, bisa menggunakan Google Set. Masukkan saja tiga kata yang mirip, sisanya biar Google yang mencari.



Setelah klik Large Set, hasilnya sebagai berikut.



8. Menerjemahkan bahasa
Lagi belajar bahasa Inggris? Atau ada tugas menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia? Tidak perlu lagi mencari transtool. Google Translate juga bisa menerjemahkan kalimat. Bahkan, dia mampu menerjemahkan sebuah web/blog ke berbagai bahasa. Misalnya, jika Anda ingin membaca blog www.sudarma.info dalam bahasa Inggris, masukkan saja urlnya di kotak Translate a Web Page. Pilih bahasa sumber dan bahasa yang akan diterjemahkan. Kalau bahasanya baku, Google mampu menerjemahkan lebih baik. Berhubung blog saya bahasanya acak-acakan, setelah diterjemahkan jadi aneh.:D



Hasilnya sebagai berikut.



Bagus, kan? Sekarang Anda bisa membuat blog versi bahasa Inggris. Meskipun mungkin ada yang ngaco. hehehe...

3 komentar:

fevarosa

postingnya bagus bgt neh.
mungkin selama ini aku termasuk orang yang cmn menggunakan google sbg search engine doank.
tengkyu,,
bisa langsung aku praktekin.

alief

postingan yang bermanfaat nih....

Tips Blogspot

wah gitu ya.. baru tw biasanya sih saya pake google paling untuk cari lagu terbaru terus info aja mas sama bahan kulyah.. tnx mas

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.