1.9.08

Menghubungkan laptop ke hotspot

  • Pin It!

Saat ini, tidak semua laptop secara otomatis mampu mendeteksi jaringan wireless yang ada di sekitarnya. Untuk laptop jenis tertentu, harus diaktifkan secara manual. Bagi pengguna baru, mungkin ada yang masih belum tahu cara menghubungkan laptop ke jaringan wireless.

Sebenarnya sangat mudah, sama seperti menghubungkan laptop/computer ke jaringan LAN dengan menggunakan kabel. Jika memang belum pernah sama sekali, baik menggunakan kabel maupun wireless, bisa mengikuti langkah berikut ini.

Pada keyboard, tekan tombol Fn+ tombol clip_image002 (biasanya terletak antara F1 s.d. F12). Di laptop saya terletak di F2. Jadi, kombinasi tombolnya, tekan Fn+F2.

clip_image004

Laptop akan langsung mendeteksi jaringan wireless yang ada di sekitarnya. Klik kanan pada icon wireless connection di notification bar, lalu pilih View Available Wireless Networks.

clip_image006

Jika jaringan wireless lebih dari satu, akan ada daftar jaringan wireless pada jendela Wireless Network Connection.

clip_image008

Klik dua kali pada jaringan yang akan digunakan.

clip_image010

Masukkan password yang diminta. Password tersebut bisa ditanyakan kepada penyedia layanan jaringan wireless (hotspot). Kemudian, klik Connect.

clip_image012

Tunggu proses koneksi sampai selesai. Jika sudah selesai, jaringan yang digunakan akan berada paling atas dari daftar jaringan yang ada, dengan status Connected.

clip_image014

Jika tidak menggunakan password, laptop akan langsung terhubung ke jaringan wireless saat memilih jaringan yang ada.

Jika sudah tersambung, kita bisa internetan secara gratis melalui hotspot tersebut. Tidak semua hotspot gratis. Untuk itu, tanyakan kepada penyedia layanan hotspot untuk mendapatkan voucher atau username dan password yang digunakan pada hotspot tersebut.

Untuk mengeceknya, coba buka salah satu website, misalnya: www.sudarma.info. Jika bisa dibuka, berarti laptop sudah terhubung ke internet.

4 komentar:

Subagya

wekekekek beruntung banget saya , ternyata ada topik yamg pas banget saya cari, btw thank mas infonya .... di book mark ah :D.. tambahan : cek juga di http://subagya.blogspot.com :p

Anonim

tinggal geser pulldown ya?

Anonim

MAKASIH MAS INFONYA,INI SITUS WAJIB BUAT GUE BUKA.....ITS GOOD WEB

Unknown

mas, saya lagi bingung ma ni laptop. kalo bwt hotspot-an saya tu ga bisa buka situs2 kaya yahoo.com trus blogspot. padahal sempet si ke tampilan awal, tapi kalo dah masukin email trus login langsung deh "problem loading pages" padahal kalo situs lainnya kayak FS, FB, Google bisa. apa ada settingannya ya mas...??? tq

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.