Promo

3.6.08

Mengembalikan file/folder yang terkena virus

  • Pin It!

File terkena virus pasti sangat menyebalkan. Bagi yang baru belajar computer, tentu saja akan membuatnya sangat panik. Sebenarnya, virus hanya menyembunyikan file asli kita, tidak menghapusnya. File yang ditampilkan merupakan hasil duplikasi yang dibuat oleh virus dengan ekstensi yang telah diubah olehnya, sedangkan file asli diubah atributnya menjadi file system sehingga menjadi super hidden. Meskipun diubah pada folder option dengan mengaktifkan show hidden file and folder, tetapi tetap saja tidak kelihatan.
Untuk melihatnya, lakukan cara berikut:
Buka window explorer.
Klik menu Tools > Folder option.



Klik tab View. Hilangkan ceklis Hide protected system files (Recommended).



Dari peringatan yang muncul, klik Yes.



Klik OK.
Seluruh file dan folder yang disembunyikan virus akan terlihat samar.



Kita dapat menormalkan kembali semua file dan folder yang disembunyikan oleh virus. Untuk mengembalikan file tersebut, caranya:
Hapus virus dengan antivirus yang ada, misalnya: AVG.
Setelah virus terhapus, buka command prompt dengan menekan tombol window+R, lalu ketik cmd. Kemudian ENTER.



Masuk ke folder yang filenya terkena virus. Pada contoh ini, file berada di folder data, drive D. Ketika command prompt muncul, ketik D: lalu enter, kemudian ketik cd data lalu enter untuk masuk ke folder data.



Ketik perintah ATTRIB *.* -s –h –r /s /d lalu enter. Keterangan masing-masing perintah, bisa ditemukan dengan mengetik ATTRIB /? lalu enter.



Semua file dan folder yang disembunyikan akan normal kembali dan dapat kita buka.



Jadi, jangan panik jika file atau folder terkena virus. Dengan langkah yang diberikan di atas, file atau folder yang disembunyikan virus tetap bisa kita dapatkan kembali.
Trik ini hanya salah satu cara untuk mengembalikan file atau folder yang terkena virus. Jika folder option juga dihilangkan, ada cara lain bisa kita tempuh, caranya pun tentu saja berbeda.


6 komentar:

brian

mantab, baru liat situs ini eh ternyata yg suka ada di ilkom. Salut smuanya berbobot,
Numpang belajar ya!!!!!!!!

brian

Pak, saya coba ada yang berhasil tapi ada beberapa folder aneh yg gag bisa. Contohnya ketika saya masuk d, kemudian cd system volume information muncul ACCES IS DENIDED dan foldernya pun gag bisa saya delete manual, gimana ya?
jojo_bry_ian@yahoo.co.id

Anonim

Yth.Mas Sudarma,

Terima kasih atas perhatian mas terhadap IT Indonesia dengan membuka blog ini yang sangat informatif dan memberi wawasan yang baik bagi pembacanya.
Saya yogi dan mohon solusi mas sudarma atas kesulitan komputer saya yang terkena virus w32.pure.morph yg dibawa oleh smart antivirus 2009.
saat ini komputer tsb sudah saya scan dgn avast dan sepertinya virus sudah hilang, namun fungsi-fungsi windows tdk bisa kembali normal dan saya tidak bisa merestore windows krn drive c & d dihide oleh virus entah dimana...saya berusaha mengikuti petunjuk di atas namun tidak berhasil (mungkin saya tidak mengerti karena berulang kali saya lakukan tetap hasilnya sama)
Demikian dari saya, semoga tidak terlalu merepotkan atau mengganggu kegiatan mas sudarma sehari - hari.
Terima kasih atas perhatiannya.

salam,
yogi prayogi
(joka_jambi@yahoo.co.id)

Anonim

kepada Yth. Bpk Sudarma
bapak saya ingin bertanya apakah bisa mengembalikan folder atau file yang sudah terkena virus di dalam flasdisk? di misaklan folder dan file tersebut sangat penting atau dibutuhkan... gimana caranya? apakah bisa muncul kembali?

salam
devi
(Azri3llA.Devz@gmail.com)

Naili Lathifah

gimana caranya kalo di windows 8

Naili Lathifah

kalo kasusnya terjadi di windows 8 gimana? bantuin pliss...

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.