30.12.08

Memodifikasi footer Joomla!

  • Pin It!

Secara default, bila kita menggunakan Joomla! untuk membangun sebuah website, tampilan depannya memunculkan identitas Joomla!, seperti: footer atau favicon. Kalau kita tidak menginginkannya, bisa dihilangkan atau dimodifikasi sesuai keinginan kita. Namun, pastikan apakah hal tersebut diperbolehkan atau tidak.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba sedikit memodifikasi footer. Tampilan aslinya seperti ini.

clip_image002

Untuk memodifikasinya, ikuti langkah berikut.

  • Buka file footer.php di folder includes.

clip_image004

  • Untuk menghapus Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License, hapus code <?php echo $_VERSION->URL; ?>. Atau ganti dengan tulisan lain yang Anda inginkan (bisa juga script iklan). Setelah direfresh, tulisan Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License akan hilang. Anda juga bisa menghapus semua kode bila tidak ingin menampilkan apa-apa di footer.

Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.


1 komentar:

Anonim

tks tipsnya pak :)
met tahun baru

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.