24.12.08

Membangun toko online dengan Joomla! 1.0.15

  • Pin It!

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menjelaskan cara cepat membangun toko online dengan Joomla! 1.5.8. Kalau dari segi kapasitas, versi tersebut cukup besar, sehingga bila kita ingin menguploadnya ke hosting, tentu memerlukan kapasitas hosting yang sangat besar. Sebenarnya, untuk versi Joomla! 1.0.15 yang ukurannya lebih kecil juga ada. Jadi, bila dana kita terbatas dan ingin membangun toko online, versi ini bisa kita gunakan. Jika Anda ingin menggunakannya, silakan download di sini.

Untuk menginstal toko online dengan Joomla! 1.0.15, ikuti langkah berikut ini.

  • Klik kanan folder Joomla_1.0.15_eCommerce_Edition_VM_1.0.15 di E:\Joomla!\CD Bonus Joomla (lokasi folder ini mungkin berbeda di computer Anda. Jadi, pastikan Anda tahu lokasinya!), lalu pilih Copy.

  • Buka folder C:\xampp\htdocs (lokasi ini juga mungkin berbeda di computer Anda. Coba diingat lagi di mana lokasinya saat Anda menginstal XAMPP), lalu klik kanan pilih Paste.

  • Tunggu proses pemindahan file.

  • Klik folder tadi lalu tekan F2.

  • Ubah nama foldernya, misalnya: toserba (folder bebas tapi bila lebih dari satu kata disarankan tanpa spasi, misalnya: toko_elektronik).

  • Buka internet browser (Internet Explorer, Mozilla, Opera, Safari, atau yang lainnya), lalu ketik http://localhost/toserba pada bagian address bar (seperti akan membuka situs/website). Tekan Enter.

  • Klik Next.

  • Klik Next.

  • Isi parameter berikut:

Host Name: localhost (bisa juga diisi IP Address bila diinstal di jaringan)

User Name: root

Password: kosongkan

Database Name: toserbadb (namanya terserah Anda)

Klik Next.

  • Klik OK.

  • Ketik nama toko, misalnya: Toserba. Lalu, klik Next.

  • Isi parameter berikut:

Your E-mail: isi dengan email Anda (misalnya: darma@sudarma.info)

Admin Password: ubah password yang diberikan oleh Joomla! dengan password Anda.

Klik Next.

  • Instalasi selesai. Anda diminta untuk menghapus folder installation.

  • Jika folder installation belum dihapus (bisa juga diganti namanya), tampilan utama toko online dan administrator seperti gambar berikut.

  • Buka lagi folder C:\xampp\htdocs\toserba (lokasinya bisa berbeda di computer Anda), lalu hapus/rename folder installation.

  • Setelah dihapus, kembali lagi ke browser internet, lalu klik tekan F5. Tampilan utama toko online Anda seperti gambar berikut.

Toko online Anda sudah jadi. Tidak lebih dari 5 menit, kan? Selanjutnya, Anda tinggal memodifikasi toko Anda, baik data barang yang dijual, template, ataupun module tambahan bila diperlukan.

4 komentar:

Anonim

Saya telah membeli buku karangan anda. Saya merasa senang setelah membacanya karena bahasanya mudah dimengerti dan penjelasannya cukup terperinci. Mengingat selama ini saya belajar dengan metode learning by watching, dengan memiliki buku tsb, saya lebih tahu apa sih sebenarnya JOOMLA dgn segala pernak perniknya.
Saya masih dlm tahap proses belajar ttg JOOMLA demi tercapainya cita-cita saya yaitu membikin website yg menarik dan marketable. Oleh karena itu, bilamana tidak menggangu waktu anda, saya memohon petunjuk dan saran dr Sdr. Sudarma.
Terima kasih atas perhatiannya dan dukungan anda selanjutnya.

nb: alamat email: bongiovi234@yahoo.com

wongmultimedia

saya sudah coba & hasilnya OK banget, bagi temen-temen yang pingin cepet jualan online tinggal klik sudah jadi deh website nya...
trim's mas Darma

Anonim

perkenalkan nama saya Lintang, ibu RT dr Pekalongan yg tertarik pgn bikin web buat bantuin suami. Saya udah coba via panduan buku & cdnya tp kepentok di hal 14, nah disini ada pembahasannya jadi saya coba dulu yah ..
lintangkinasih@yahoo.co.id

bluejeansjackets

trimakasih banyak mas Darma, infonya..sangat membantu sy.mohon bantuannya apabila sy mengalami kesulitan mengenai belajar webside..
bluejeansjackets@yahoo.com

Jangan asal komentar, ya...

Mohon isi komentar ini sesuai dengan topik yang diberikan. Jika ada pertanyaan, mohon menyantumkan alamat email yang valid, karena saya tidak akan menjawab di blog ini. Jawaban pertanyaan akan saya balas ke email.
"Oh ya, Anda ingin belajar bikin web hanya dengan 4 langkah mudah? Saya rekomendasikan belajar di sini. Khusus pemula & langsung praktek online."
Terima kasih.